Press "Enter" to skip to content

Cara Cepat Hamil Setelah Haid Tidak Teratur

Sebagian besar pasangan yang telah menikah tentu menantikan hadirnya buah hati. Ada pasangan yang langsung dikaruniai anak, tetapi ada pula yang memerlukan waktu dan usaha lebih. Sebenarnya, ada banyak faktor yang menentukan kehamilan, mulai dari kesuburan hingga pola hidup yang mungkin kurang sehat. Bagi pasangan yang sedang menantikan kehamilan, beberapa tips cepat hamil berikut mungkin dapat membantu.

1. Mengetahui Kapan Masa Subur

Ini merupakan hal yang sangat penting dalam merencanakan kehamilan. Tanpa mengetahui masa subur, akan lebih sulit untuk hamil walaupun sudah sering melakukan hubungan intim. Masa subur atau waktu pelepasan telur normalnya terjadi satu kali dalam sebulan dan biasanya hanya terjadi selama beberapa hari.

Masa-masa subur itu adalah waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim, jika memang sedang merencanakan kehamilan. Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan masa subur? Kamu bisa mengetahuinya dengan mencatat kapan saja waktu menstruasi setiap bulan. Selain itu, tubuh juga akan menunjukkan tanda-tanda jika telur akan dilepaskan. Jika ingin lebih mudah, kamu juga bisa mengetahui lebih lanjut kapan masa subur datang dengan menggunakan kalkulator masa subur.

2. Lakukan Hubungan Seksual Sebelum Tidur

Walaupun beberapa sumber mengatakan bahwa produksi sperma tertinggi adalah pada pagi hari, sebenarnya tidak ada jaminan waktu yang paling baik dalam sehari untuk berhubungan intim. Kamu bisa melakukannya kapan saja, tetapi sebaiknya lakukan sebelum tidur. Mengapa? Jika melakukannya sebelum tidur, wanita dapat berbaring santai setelah berhubungan, sehingga kemungkinan tumpahnya sperma keluar cukup minim.

3. Jaga Kualitas dan Kuantitas Sperma Pria

Siapa bilang faktor keberhasilan pembuahan hanya tergantung pada kesuburan wanita? Nyatanya, sperma dapat membuahi telur wanita dengan baik saat sperma berada dalam kualitas yang sehat, kuat, dan memiliki jumlah yang banyak.

Para suami dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas spermanya dengan melakukan beberapa cara seperti:

  • Mengurangi konsumsi alkohol. Mengonsumsi alkohol setiap hari dapat menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma, serta meningkatkan jumlah sperma yang abnormal.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat menurunkan kinerja sperma.
  • Pertahankan berat badan normal.Obesitas dapat menurunkan jumlah sperma dan memperlambat gerak sperma.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi untuk membentuk sperma yang sehat.Beberapa nutrisi yang Anda butuhkan untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma adalah vitamin C, vitamin D, seng, asam folat, dan kalsium.
  • Jangan berendam air panas. Suhu panas dapat membunuh sperma. Testis dapat berfungsi dengan baik pada suhu 34,4 hingga 35,6 derajat celcius, di bawah suhu tubuh normal.

4. Kelola Stres

Tidak hanya menjadi akar dari berbagai gangguan kesehatan, stres juga dapat mengganggu ovulasi (pelepasan telur), sehingga membuat wanita sulit hamil. Sebaiknya jalani hal ini dengan santai. Meski sangat menginginkan kehadiran buah hati, cobalah untuk selalu menikmati berhubungan seksual dengan pasangan dan jangan terlalu memikirkan apakah akan berhasil hamil atau tidak.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Saat kamu dan pasangan sudah merencanakan untuk kehamilan, sebaiknya ubahlah pola hidup kamu menjadi lebih sehat. Makan makanan sehat dapat membantu kamu dan pasangan untuk cepat hamil, serta mendapatkan kehamilan yang sehat. Selain dari makanan sehat, olahraga yang teratur juga dapat membantu meningkatkan kesuburan dan menjaga tubuh tetap bugar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *