Ibu Hamil Kesehatan

Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

Dipostingan yang lalu kami sudah share tentang cara mengatasi mual saat hamil muda. Namun bagaimana jika gejala pusing juga menyertai mual pada bumil tersebut? Jangan panik karena anda tidak sendiri bahkan setidaknya beberapa ibu hamil pernah mengeluhkan rasa pusing atau mual selama kehamilan, khususnya saat hamil muda.

Rasa pusing dan mual sangat sering terjadi pada masa awal kehamilan dimulai pada awal minggu keenam kehamilan. Penyebabnya adalah asanya hormon kehamilan yaitu beta HCG (beta human chorionic gonadotrophine) berada pada kadar puncaknya dan kadar tersebut tertinggi di pagi hari. Itulah mengapa sebagian besar ibu hamil merasakan keluhan pusing, mual, atau muntah lebih berat di pagi hari (morning sickness).

Berita baiknya, kadar hormon beta HCG akan menurun pada kehamilan 12–14 minggu. Oleh karena itu, setelah usia kehamilan berada di kisaran tersebut keluhan pusing, mual, dan muntah akan berkurang atau hilang.

Supaya bisa melewati mual dan pusing saat hamil ini coba lakukan beberapa tips berikut antara lain coba makan sedikit-sedikit tapi sering dengan frekuensi tiap dua jam sekali. Anda bisa makan kapanpun dan apapun yang diinginkan, selama itu makanan sehat dan bergizi. Namun jangan makan makanan yang rasa dan baunya terlalu mencolok atau makanan pedas, kecuali memang sangat menginginkannya.

Meski merasa mual tetap usahakan makan walau hanya sedikit karena jika perut benar-benar kosong bisa mencetuskan gangguan lambung pada ibu hamil yang memperparah mual.

Jangan langsung berbaring setelah makan tapi berbaring hanya boleh dilakukan paling cepat 1,5–2 jam setelah makan. Usahakan untuk bisa beristirahat setidaknya 30 menit di siang hari. Hindari ruangan yang panas dan pengap karena bisa mencetuskan pusing dan mual. Sebaliknya, berusahalah mendapatkan udara segar atau berada dalam ruangan yang suhunya sejuk.

Minum teh hangat, jahe, atau jus bisa membantu meredakan rasa pusing atau mual. Jika rasa pusing, mual atau muntah yang dialami sangat berat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi keluhan tersebut merupakan pertanda terjadinya hiperemesis gravidarum. Kondisi ini ditandai dengan mual dan muntah yang sulit dikendalikan, sehingga tak ada makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi sama sekali, berat badan turun, dan gangguan elektrolit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *