Obat

Meloxicam 15mg Obat Apa?

Anda pernah mengalami rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi. Kemudian ketika kedokter ada resep obat namanya meloxicam?

Meloxicam termasuk dalam golongan obat nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID), sering digunakan untuk mengobati arthritis dan asam urat.

Obat ini bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin, yaitu senyawa yang dilepas tubuh yang menyebabkan rasa sakit serta reaksi radang. Dengan menghalangi prostaglandin, obat ini akan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Meloxicam hanya dapat mengurangi gejala, namun tidak menyembuhkan arthritis.

Nama Generik obat adalah Meloxicam dan jika anda membeli di apotik bisa dijumpai obat tersebut dalam bentuk Merek seperti Arimed, Atrocox 7.5/Atrocox 15, Denilox, Flamoxi, Flasicox, Futamel, Loxil, Loximei, Meflam, Melet, Melogra, Meloxicam Otto, Meloxin, Mexpharm, Movi-Cox, Movix, Moxam, Moxic, Ostelox, Relox, Remelox, Rhemacox, Velcox, X-Cam, Artrilox, Cameloc, Hexcam, Loxinic, Mecox, Meloxicam OGB Dexa Medica, Meloxicam OGB Medikon, Mevilox, Mobiflex, Nulox/Nulox Forte, Paxicam, Remacam dan meloxicam-obat.

Minum meloxicam harus sesuai arahan dokter, biasanya diresepkan dokter sehari sekali. Dan minum obat tersebut dengan segelas air mineral (8 ons/240 mililiter) kecuali bila dokter Anda menginstruksikan hal lain. Jangan berbaring setidaknya 10 menit setelah meminum obat.

Jika Anda meminum meloxicam dalam bentuk cairan maka anda harus kocok botol secara perlahan sebelum diminum. Anda harus mengukur dosis obat menggunakan alat ukur khusus/sendok untuk obat jadi bukan ukuran sendok makan karena Anda tidak akan mendapat takaran yang tepat.

Jika mendapatkan efek samping seperti mual saat minum obat, bisa dibarengi dengan makanan, susu, atau antacid. Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Selalu gunakan dosis terendah, dan hanya sesuai dengan waktu yang telah disarankan. Jangan minum lebih dari 15 mg perhari karena semakin tinggi dosis semakin meningkatkan risiko perdarahan pada lambung.

Obat ini membutuhkan waktu sampai dua minggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Minum obat secara teratur agar mendapatkan hasil maksimal. Ingatlah untuk selalu minum pada waktu yang sama setiap hari. Beritahu dokter jika kondisi memburuk.

Peringatan:

  • Bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau sedang menyusui, sebaiknya menghindari meloxicam atau tanyakan pada dokter bila benar-benar dibutuhkan.
  • Tanyakan mengenai dosis anak-anak pada dokter.
  • Dikonsumsi dengan makanan atau setelah makan.
  • Jika mengonsumsi obat ini, sebaiknya tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena obat ini dapat menyebabkan pusing.
  • Harap berhati-hati bagi lansia atau jika menderita tukak lambhng, polip hidung, gangguan pencernaan, diabetes, asma, alergi terhadap obat antiinflamasi nonsteroid lain (misalnya ibuprofen), gangguan hati, gangguan ginjal, penyakit jantung, masalah penggumpalan darah, dehidrasi, kadar sodium yang rendah, serta hipertensi. Begitu juga dengan para perokok dan pengonsumsi minuman keras.
  • Selama menggunakan meloxicam, beri tahu dokter sebelum menjalani pengobatan medis apa pun.
  • Jangan mengonsumsi piroxicam melebihi dosis atau durasi yang dianjurkan dokter.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Beberapa efek samping yang umum terjadi saat mengonsumsi obat ini adalah:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau diare.
  • Nyeri ulu hati.
  • Sakit kepala.
  • Sulit tidur.
  • Perut kembung.

Efek samping ini biasanya akan berkurang seiring penyesuaian tubuh terhadap obat. Segera hentikan pemakaian obat dan temui dokter jika Anda mengalami efek samping yang serius, seperti kesulitan bernapas, urine berwarna gelap, perubahan emosional, pembengkakan pada tangan, kaki, wajah, tenggorokan, lidah, pingsan, linglung, detak jantung tidak beraturan, tidak nafsu makan, kejang, nyeri dada, tinja berwarna hitam atau berdarah, muntah darah, kulit dan mata yang menguning, serta telinga yang berdenging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *